Selasa, 05 Agustus 2014

Apakah Penyebab Kelainan Pada Bayi?



Hingga beberapa tahun yang lalu, para ahli pun berkesimpulan bahwa cacat disebabkan oleh faktor keturunan. Sekarang. telah diketahui bahwa kebanyakan cacat ini disebabkan oleh keadaan selama sembilan bulan yaitu masa sebelum kelahiran.



Telah ditemukan bahwa banyak bayi cacat dilahirkan karena si ibu menderita penyakit campak (rubella) selama tiga bulan pertama masa hamil. Ada juga tragedi thalidomide di Jerman dan Inggris pada tahun 1960. Sebanyak 5000 bayi dengan cacat di lengan dan kaki telah dilahirkan oleh ibu-ibu yang memakai obat bius sewaktu mengandung. Jelaslah sudah bahwa penyakit tertentu dan sejenis obat-obat bius dapat menyebabkan cacat pada bayi. 

Tentu ada juga cacat yang diwarisi. Ini terjadi apabila ada kelainan pada plasma pembawa sifat, yang mengatur perkembangan satu-satu bagian tubuh. Untung kelainan plasma sel seseorang bukan menjadi kelainan pada sel orang lain. Apabila suami dan istri tidak termasuk berhubungan dalam garis keturunan, plasma yang rusak yang diberikan sepihak, apabila anak mereka sudah ada dalam kandungan, biasanya tidak cocok dengan kelainan plasma pada sel pihak yang lain. Jikalau suami istri masih ada hubungan kekeluargaan, umpamanya masih saudara sepupu, besar kemungkinan kelainan plasma mereka bertepatan.

 Kadang-kadang cacat bawaan terjadi karena plasma pembawa sifat yang "berkuasa" sehingga cacat itu kelihatan pada turunan mereka sekalipun mengawini pasangan yang normal plasmanya. Misalnya mempunyai penyakit jantung, Tentunya penyakit ini membuat penderitanya merasa was-was jika sewaktu-waktu penyakit tersebut menyerang dengan tiba-tiba. Ada cara untuk mengatasi penyakit jantung yang efektif tanpa menimbulkan efek samping lain, yaitu dengan rutin mengkonsumsi obat penyakit jantung koroner yang terbaru dan kualitasnya tidak diragukan lagi.
Pada permulaan abad ke-20 ini semakin jelas, bahwa sel seks manusia dapat dirusakkan oleh sinar X, baik pria atau wanita. Kerusakan seperti itu akan mengakibatkan cacat pada keturunan orang itu. Sekarang nasihat diberikan untuk mencegah kerusakan seperti itu. 

Bahaya terkena sinar X berlangsung selama bulan pertama sejak terjadi pembuahan. Seorang wanita mungkin tidak menyadari dirinya sudah hamil. Oleh sebab itu para ahli sinar akan melindungi alat perkelaminan dari sinar X sewaktu dia dirontgen. 

Sel-sel yang membentuk mudigah tidak hanya peka terhadap sesuatu yang mengganggu kegiatannya tetapi begitu giat dalam pertumbuhan dan perkembangan sehingga memerlukan sejumlah zat asam, bahan makanan dan pelbagai vitamin. Faktor apa pun yang merintangi sekelompok sel dalam memenuhi kebutuhan mereka pada masa permulaan ini akan merusak jaringan yang akan dihasilkan oleh sel-sel tersebut. 

Kekurangan gizi dapat merintangi pertumbuhan sel dan mengganggu masa perkembangan mereka. Pengurangan kadar zat asam pun dalam sel, seperti penggunaan bius pada waktu mula-mula mengandung atau hubungan tembuni dengan rahim ibu terganggu, maka cacat dapat terjadi. 

Para thabib menyadari usaha seorang ibu yang hamil untuk menghindari keadaan yang akan merintangi perkembangan anaknya yang belum lahir. Inilah satu sebab utama mengapa sang ibu harus memeriksakan diri pada dokter sesegera mungkin setelah terjadi pembuahan. Dia akan menasihati anda tentang cara hidup yang sederhana, yang mengutamakan kesehatan tubuh. Dia akan mengatur pengobatan seperlunya, untuk menghindarkan segala sesuatu yang membahayakan sang ibu atau anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar